Dapur adalah ruang esensial yang menjadi faktor yang penting bagi setiap keluarga. Disini makanan yang nikmat yang biasanya kita santap setiap hari tercipta dengan berbagai kreasi yang inovatif setiap harinya, dapur nyaman dapat membangkitkan keinginan memasak bagi sang pemilik. Namun merancang dapur yang bersih dan nyaman bukanlah hal yang mudah. Ada berbagai pertimbangan yang harus benar-benar di fikirkan, mulai konsep desain dapur, rencana anggaran biayanya, sampai nilai fungsi dan estetikanya. Salah satu cara praktis dan bijak adalah dengan meminta bantuan desainer. Tetapi jika anda hanya mempunyai budget minim atau ingin mencoba merancangnya sendiri,  cobalah memikirkan konsep dari ide kita sendiri dan seolah dapur rumah kita adalah tanggung jawab yang harus di penuhi oleh pemikiran kita sendiri.

Agar desain anda bisa berhasil dengan hasil yang maksimal anda perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini

  1. Tentukan Fungsinya

Sama halnya dengn ruangan lain, menentukan fungsi adalah hal yang pertama yang harus dilakukan dalam mendesain dapur yang nyaman. Dapur diusahakan menjadi tempat yang bisa membuat kita betah dan santai. Karena dari segi fungsinya dapur adalah tempat dimana kita menyulap bahan makanan mentah menjadi makanan yang lezat tentunya dan hal itu tidak bisa dilakukan dengan waktu yang cepat. Kita juga harus cerdas dalam memilih peralatan dan perabot dapur yang nantinya kita gunakan. Misalnya kompor, oven, sink, microwave, kulkas dan lainya.

  1. Lihat Ruang

Setelah kita mengetahui perlengkapan dapur apa saja yang nantinya akan kita pajang di dapur rumah kita, yang tak kalah penting juga melihat kondisi ruangan yang kita miliki apaakah luas atau bahkan tidaklah memiliki luasan yang cukup. Yang menjadi tantangan untuk kita dalam mendesain dapur rumah kita adalah menyesuaikan dan menempatkan perlengkapan yang dibutuhkan dengsn menyesuaikan ruangan yang ada. Dapur yang nyaman meskipun tak memiliki luasan yang cukup tetapi penataanya cukup praktis dan semua peralatan dapat tertata rapi dengan jangkaun yang pas. Menentukan bentuk dapur juga hal yang tak kalah penting, suatu misal kita akan merancang dapur dengan bentuk G, L , atau berbentuk “U” tentukan yang paling pas sesuai dengan keadaan ruang agar hasilnya bisa maksimal.

  1. Tentukan segitiga kerja

Bagaimanapun bentuk dapurnya segitiga kerja dalam sebuah dapur merupakan hal yang wajib dan berlaku untuk efisiensi dapur tersebut.tiga titik ini menghubungkan antara kulkas, sink, dan kompor dimana tiga titik ini merupakan zona persiapan, zona mencuci, dan zona memasak sebulum pada akhirnya makanan dihidangkan.

  1. Rancang tempat penyimpanan

Setelah menentukan penempatan perlengkapan dapur, saatnya mendesain tempat penyimpanan, saatnya mendesain tempat penyimpanan yang seperti apa yang kita inginkan.  Misalnya tentukan banyaknya alat makan, seperti sendok, garpu, dan peralatan masak lainya agar  dapat mengetahui berapa banyak laci yang diperlukan. Pertimbangan letaknya juga penting, dan usahakan letaknya mudah untuk dijangkau. Dengan pertimbangan yang kreatif dan inivatif akan tercipta dapur yang nyaman

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.

Leave a reply "Desain Dapur Rumah Inovatif Dan Kreatif"

Your email address will not be published. Required fields are marked *