Tangga tidak hanya mempunyai peran fungsional saja, tapi tangga juga mampu mempengaruhi susunan ruang. Tangga adalah sebuah konstruksi yang dirancang untuk menghubungkan dua tingkat vertical yang berjarak jauh satu sama lain. Penempatan tangga yang tidak tepat dapat membuat ruangan menjadi tidak enak dipandang. Tangga bukan hanya mediasi untuk dua ruangan yang berjarak vertical saja, tapi tangga juga mampu membuat kondisi ruangan anda menjadi lebih hidup. Disisi lain tangga juga dapat mengganggu ruangan apaabila salah dalam penempatannya.

  1. Peletakkan

Tempat yang baik untuk menempatkan tangga adalah pada ruangan yang tentunya tidak akan menambah ruangan tersebut menjadi lebih sempit. Jika mempunyai ruangan rumah yang kecil maka peletakkan tangga harus searah dengan dinding. Karena itu paling banyak diluaran sana tangga ditempatkan di area ruang kluarga, dimana menjadi area sirkulasi paling banyak untuk anggota keluarga. Adapula tangga yang dilektakkan dibagian belakang rumah agar memiliki akses langsung ke lantai atas, dan sebagainya.

  1. Ukuran Tangga

Tangga yang nyaman adalah tangga yang mempunyai ukuran pijakan antara 15 cm sampai 18 cm. Ukuran tersebut tidak akan membuat kita mengangkat kaki terlalu tinggi sehingga kita tidak mudah kelelahan untuk menuju ruang atas. Lebar tangga ideal minimal 110 cm. ukuran ini dipertimbangkan karena jika ada dua orang yang melalui tangga tidak akan bersenggolan sehingga tidak menimbulkan potensi kecelakaan.

  1. Karakter Tangga

Usahakan dalam mendesain tangga terdapat bordes atau tempat istirahat, sehingga ketika kita menaiki tangga yang lumayan mempunyai banyak anak tangga tidak terengah-engah. Selain memberikan bordes, tinggi injakan harus konsisten. Maksudnya harus sama ketinggianya karena kaki kita selalu mempunyai irama setiap langkahnya. Jadi jika ada yang mempunyai ketinggian yang  tidak sama, bisa mengakibatkan kaki keseleo. Bahan lantai atau injakan tangga seharusnya bukan dari bahan yang licin jika terpaksa menggunakan keramik usahan menggunakan jenis keramik yang bertekstur kasar

  1. Pegangan Tangga

Pegangan tangga merupakan pengaman selama kita menaiki atau menuruni tangga. Diusahakan bahan pegangan tangga berbahan dari bahan yang bertekstur tidak licin, sama halnya dengan injakan tangga diatas. Bahanya bisa dari kayu, besi, stainless dan lain-lain. Pegangan ini dibuat seukuran genggaman tangan kita supaya nyaman ketika dipegang.

Save

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.

Leave a reply "Fungsi Tangga"

Your email address will not be published. Required fields are marked *