Lantai bangunan memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu bangunan bukan hanya diambil dari nilai estetikanya tapi lantai pada bangunan harus bisa memberikan kenyamanan juga keselamatan. Berikut bahan bahan yang digunakan  untuk membuat lantai antara lain ubin teraso, keramik, batu alam, dan kayu.

1.Lantai Tegel

Tegel mempunyai berbagai jenis motif dan ukuran. Jenis tegel wafel permukaannya bercorak atau beralur sehingga cocok untuk lantai kamar mandi dan WC. Selain contoh diatas tegel juga mempunyai beragam bentuk dengan tekstur permukaan yang brbda beda sehingga kita dapat memilih jenis tegel berdasarkan  kebutuhan tempat. Misal untuk teras kita bisa memakai jenis tegel yang permukaannya  lebih halus dibandingkan tegel yang digunakan untuk kamar mandi dan WC. Dipasaran tegel mempunyai beberapa varian warna misalnya kuning, coklat, hitam, merah, dll.

Lantai tegel banyak digunakan untuk rumah rumah yang masih sederhana karena harganya yang terjangkau. Tegel terbuat dari campurn pasir dan semen yang dilapisi campurn filler. Ukuran tegel biasanya 20 cm x 20 cm dan 30 cm x 30 cm. Akan tetapi saat ini kita jarang untuk menjumpai lantai tegel di rumah rumah, karena masyarakat lebih memilih lantai keramik yang harganya tidak terlampau mahal dan mempunyai banyak motif serta ukuran sesuai keinginan.

  1. Lantai Teraso

Teraso yang berbahan campuran semen PC, semen putih, air, pecahan batu teraso, dan pasir ini biasanya menggunakan  bahan pewarna untuk mendapatkan hasil maksimal tetapi ada juga yang tidak menggunakan bahan pewarna. Warna teraso pada umumnya krem yang dihiasi pecahan batu teraso tetapi ada juga yang berwarna merah, hijau, kuning, bahkan hitam. Ukuran teraso yang cocok untuk lantai perumahan antara lain 20 cm x 20 cm x 2 cm, 25 cm x 25 cm x 2,4cm

Pemasanganya hampir sama dengan pemasangan tegel yang membedakan teraso menggunakan semen putih untuk mengisi naat atau sambunganya

  1. Lantai Keramik

Bahan baku keramik adalah tanah liat dengan atau tanpa bahan tambahan melalui proses pembakaran sehingga tidak hancur walau terendam air. Keramik yang baik mempunyai bentuk dan ukuran yang tepat mempunyai permukaan yang tidak cacat dan dan sisinya saling tegak lurus.

Jenis keramik yang lain misalnya Porselin, hanya saja dalam proses pembuatanya diberi lapisan gelas sehingga tampak licin dan mengkilap. Ukuran keramik 10 cm x 10 cm ; 10 cm x  20 cm x 20 cm x 20 cm x 25 cm ;30 cm x 30 cm ; 40 cm x 40 cm ; dan 60 cm x 60 cm

Kebutuhan bahan yang digunakan untuk pemasangan keramik adalah pasir pasang yang dicampur dengan semen PC atau semen biasa seperti bahan untuk acian. Untuk motif , bentuk, dan ukuran keramik jauh lebih mendominasi dibandingkan bahan lantai yang lain, biasanya   bermotif bunga, tumbuhan, hewan, kaligrafi, bahkan kartun pun bisa dijadikan contoh motif untuk keramik, tidak heran jika saat ini keramik banyak diminati dikalangan masyarakat.

  1. Batu Alam

Banyak bahan dari batu alam yang dapat digunakan sebagai lantai rumah. Biasanya batu batu diatas digunakan untuk lantai teras dn carport yaitu batu marmer, andesit, granit, salagedang.

Penggunaam batu alam sebagai bahan penyusun lantai menghasilkan kesan yang alami atau natural . selain itu , daya tahannya pun jauh lebih lama. Untuk ukuran batu alam biasanya tidak sama ada yang lebar dan ada juga yang berukuran kecil, sehingga akan menghasilkan kesan yang sangat berbeda pada lantai.

 

5.Lantai Marmer

Siapa yang tak tahu jenis bahan lantai yang satu ini, ya lantai marmer harus dibuat dari batu marmer yang berstruktur padat, halus, dan mengandung lapisan lapisan yang terstruktur seperti mika. Bentuk dan ukuranya ubin marmer harus memiliki bentuk yang tepat yang proporsional, mulai dari bentuk dan ukuran yang tepat sampai sisinya harus saling tegak lurus, dan tepinya harus tajam. Permukaan marmer harus rata dan dipoles, sampai sampai setetes tinta pada marmer dilantai harus bisa dibersihkan dengan air tanpa meninggalkan bekas.

Untuk pemasanganya memerlukan bahan yang sama dengan memasang keramik, yaitu pasir pasang dengan semen PC atau hanya semen saja,yang membedakan ukuran marmer yang jauh lebih berat dibandingkan dengan ukuran keramik, jadi harus lebih berhati hati dalam pemasanganya.

6.Lantai Granit

Lantai granit berbahan dasar batuan granit yang berstruktur padat, halus sampai sedang. Dalam pengerjaannya lantai granit, permukaan bawah harus cukup lebar sehingga dapat menjamin kedudukanya. Permukaan pada lantai granit harus rata, ukuranya tepat, juga bentuknya shingga setelah dipasang akan menghasilkan lantai yang indah membentuk suatu bidang yang simetris.

Lantai granit harus mempunyai tebal minimal 5 cm, dan bahan yang  digunakan  untuk memasang lantai granit sama dengan bahan yang digunakan untuk memasang keramik yaitu pasir pasang dengan semen PC atau hanya semen saja, bedanya setlah dipasang lantai granit harus dipoles.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.

Leave a reply "Mengenal model Lantai Rumah anda"

Your email address will not be published. Required fields are marked *