Save

Fungsi dinding dalam suatu bangunan memanglah sangat penting, antara lain sebagai pembatas antar ruang juga pembatas rumah terhadap lingkungan luar. Bahan bahan yang biasanya digunakan misalnya bata merah, kayu, triplek, batako, bambu anyam, hebel, GRC, multiplek, pelepah kelapa atau sagu.

Dari bahan bahan diatas tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan masing masing tergantung dari selera pemakainya, karena pada dasarnya dinding merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu bangunan.Perbandingan kekuatan dinding juga dapat dilihat dari bahannya, misal dinding dari batako akan lebih kuat daripada dinding yang terbuat dari bamboo yang dianyam.

        1.Dinding Bata Merah

Batu bata atau batu bata merah adalah bahan dinding yang terbuat dari tanah liat yang dicetak dengan ukuran tertentu, misal tebal atau tinggi 5 cm, lebar 10 cm, panjang 20-24cm ,dan beratnya kurng dari 3,5 Kg. Tidak semua tanah liat bisa digunakan untuk membuat batu bata, karena tanah liat yang tidak cukup mengandung pasir akan menjadikan batu bata tidak maksimal untuk digunakan.

 

  1. Dinding Batako

Batako merupakan batu cetak yang tidak dibakar, berdasarkan bahan bakunya batako dibedakan menjadi dua jenis yaitu batako putih dan batako semen. Batako putih terbuat dari bahan campuran batu kapur atau tras. Tras merupakan  tanah yang berasall dari pelapukan batuan dari aktivitas gunung berapi. Batako biasanya mempunyai ukuran panjang 30 cm, tebal 8 cm, dan tinggi 14 cm

 

      3.Dinding hebel atau bata ringan (ALC)

Dinding hebel berukuran 60 cm x 20 cm dengan ketebalan 8 cm. Bata ini memiliki tekstur yang sangat halus sehingga mempunyai kelebihan bisa langsung diaci tanpa harus memberikan plesteran seperti bahan yang lain. Bahan acianya biasanya menggunakan smen instant atau semen khusus yang berbahan dasar pasir silica, semen, filler dan zat additive. Selain bahan tersebut pemasangan hebel juga bisa mengunakan bahan seperti pemasangan batako.

 

  1. Dinding GRC (glass fibre reinforced cemen boart)

GRC adalah papan semen  fiber glass yang bisa digunakan untuk interior bangunan, atau bisa juga digunakan untuk area basah seperti dapur , kamar mandi, ataupun dinding luar.

Ukuran yang banyak tersedia adalah 122 cm x 244 cm dan 60 cm x 120 cm  dengan ketebalan 5 cm, 6 cm, hingga 10 cm.  pemasangan GRC biasanya menggunakan kerangka kayu dengan ukuran ukuran tertentu atau bisa dengan menggunakan holo ( pipa besi ). Pemasanganya dapat menggunakan paku, sekrup, atau paku rippet, sedangkan untuk mnutup sambungan GRC bisa menggunakan coumpond.

 

 

 

Save

Save

Save

Save

Save

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.

Leave a reply "Macam model Dinding Rumah"

Your email address will not be published. Required fields are marked *