Desain rumah tropis saat ini memang banyak digemari oleh masyarakat luas, selain desainnya yang anggun dan terkesan kalem sejuk, rumah tropis mempunyai banyak keunggulan dari nilai fungsinya. Salah satunya rumah tropis bisa didesain dengan berbagai keinginan kita, yaitu kita dapat membuat suasana rumah menjadi sejuk dengan memberikan beberapa bukaan yang fungsinya sebagai sirkulasi udara dari luar kedalam dan sebaliknya. Bukan hanya di Indonesia saja tetapi desain rumah tropis banyak di jumpai di negara-negara beriklim non htropis seperti Eropa dan Amerika. Sebenarnya mendesain rumah tropis tidak terlalu banyak mengeluarkan banyak biaya, terutama kita yang berada di Indonesia yang masih mempunyai sumber daya alam yang melimpah dari hutan hujan kita. Berbeda dengan di negara-negara beriklim non tropis yang akan lebih memerlukan banyak biaya karena kurangnya sumber daya alam yang tersedia disana, sehingga harus mengeluarkan budget untuk mengimpor bahan material dan sebagainya.

Rumah tropis tentunya harus mempunyai desain interior yang eksotis dan menarik. Selain itu desain rumah ini harus multifungsi yang maksudnya selain memiliki nilai estetika yang tinggi rumah harus nyaman. Berikut ini tips untuk mendesain konsep rumah tropis yang dapat menjadi inspirasi untuk kita terutama bagian interior rumah.

  • Untuk menciptakan suasana pondok tropis yang terbuka dan asri pilihlah jenis cat yang berwarna terang untuk dinding interior rumah. Pemilihan warna harus benar-benar jeli karena kesalahan pemilihan warna cat akan menjadikan suasana rumah yang membosankan, terlebih warna cat yang gelap tidak akan bisa memantulkan cahaya dengan baik sehingga ruangan menjadi gelap. Pilihlah warna seperti warna hijau pucat, putih, krem, biru muda, peach pucat dan lain-lain. Warna-warna ini dapat memantulkan cahaya sehingga bisa menimbulkan suasana lapang.
  • Ketika kita memikirkan tentang perawatan jendela atau pintu untuk desain interior tropis rumah kita, pertimbangkan untuk menggunakan bahan material alami seperti bambu atau kayu. Daun jendela yang berbahan dari bambu dan kayu merupakan ciri khas desain rumah tropis akan tetapi tergantung dari minat kita masing-masing menggunakan jenis bahan apa untuk daun jendela. Jika ingin menambah kesan eksotis dengan menambah tirai gunakan jenis tirai yang berbahan ringan dan berwarna terang seprti katun. Dan alternatif lain jika kita ingin meredam cahaya dengan maksimal kita bisa menggunakan blind yang berbahan dari kayu.
  • Untuk menciptakan suasana yang berbeda, lantai menggunakan batu alam atau menggunakan keramik Terakota yang alami dan dingin. Dan untuk karpet pilihlah jenis karpet yang bertema tropis agar suasana menjadi kental atau bisa menggunakan tikar tenun yang bercorak tradisional.
  • Aksesoris rumah tropis kita dapat menambah elemen dekorasi dari alam seperti kerang, pasir pantai atau replika binatang.kita juga dapat menambah aquarium dengan kemricik air yang akan menjadikan suasana menjadi lebih asri. Untuk menambah kesan floral kita bisa menambah lukisan yang bertema tropis di dinding ruangan.
  • Percantik ruangan dengan menambah tanaman hidup seperti palm hias atau tanaman hias yang berdaun lebar lainya. Tetapi jika anda mempunyai ukuran rumah yang minimalis masih bisa membuat kesan hijau di dalam rumah dengan menanam tanaman hijau dalam pot-pot yang dapat kita susun sesuai keadaan ruang. Dengan beberapa tips diatas kita bisa menhdapatkan suasana yang sangat kental dengan tema tropis.
You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.

Leave a reply "Tips Dekorasi Interior Rumah Tropis"

Your email address will not be published. Required fields are marked *